logo

Pengadilan Agama memberikan kemudahan akses informasi jadwal sidang untuk para pihak yang sedang berperkara.

Melalui Sistem Informasi Penelusuran Perkara (SIPP), anda akan mengetahui tahapan, status dan riwayat perkara.

SIWAS adalah aplikasi pengaduan yang disediakan oleh Badan Pengawasan Mahkamah Agung Republik Indonesia.

Bantuan Panggilan dari Pengadilan Agama Lain Ke Pengadilan Agama Jakarta Barat.

Melalui Info Perkara ini anda akan mengetahui tahapan, status dan riwayat perkara.

Adalah layanan bagi Pengguna Terdaftar untuk Pendaftaran Perkara Secara Online.

Selamat Datang di Website Resmi Pengadilan Agama Jakarta Barat. Terima kasih Anda tidak memberikan sesuatu dalam bentuk apapun kepada petugas Kami.

APLIKASI - APLIKASI  PENDUKUNG

   

   

 

×

Message

Failed loading XML...

Senin, 6 Mei 2019 hampir seluruh aparatur Pengadilan Agama Jakarta Barat melaksanakan sholat berjamaah di ruang aula.  Sholat di hari pertama bulan Ramadhan berlangsung khusyuk dengan imam Bpk. Abdul Hamid, S. Ag, sedangkan tausiah disampaikan oleh Ketua Pengadilan Agama Jakarta Barat, Dra. Hj. Muhayah, S.H., M.H. 

Mengawali tausiah tersebut, Muhayah menyampaikan rasa syukur karena dapat dipertemukan dengan bulan Ramadhan tahun ini dan juga merasa sangat gembira melihat banyaknya jamaah yang ikut dalam kegiatan sholat, tausiah dan tadarus.  Selanjutnya disampaikan sebuah hadis Rasulullah SAW yang didalamnya disebutkan “Allah SWT berfirman, Setiap amal kebaikan memiliki balasan pahala sepuluh kali lipatnya sampai tujuh ratus kali lipat kecuali ibadah puasa , karena sesungguhnya puasa itu adalah untukku dan aku yang akan membalaskan pahalanya’." (HR. Bukhari).  Paparan tentang 4 hikmah berpuasa juga disampaikan dalam tausiah, diantaranya :

  • Upaya menggapai derajat taqwa, dimana bulan Ramadhan adalah waktu yang sangat tepat untuk menggapai derajat takwa tersebut. Hal itu sebagaimana di firmankan oleh Allah dalam surat Al-Baqoroh ayat 183: “Hai orang-orang yang beriman, diwajibkan atas kamu berpuasa sebagaimana diwajibkan atas orang-orang sebelum kamu agar kamu bertakwa.”(QS. Al Baqarah: 183).  Ayat tersebut menunjukkan bahwa di antara hikmah puasa adalah agar seorang hamba dapat menggapai derajat takwa.  Dan puasa adalah sebab meraih derajat yang mulia ini.  Oleh karena itu sebagai muslim jangan sampai menyia-nyiakan kesempatan besar di bulan Ramadhan ini.
  • Meninggalkan kesenangan dunia. Saat menjalankan ibadah puasa, seseorang akan berusaha meningkatkan takwa dengan melaksakan perintah dan menjauhi larangan-Nya. Dalam berpuasa umat Islam diminta untuk meninggalkan berbagai syahwat, makanan dan minuman. Itu semua dilakukan karena Allah. 
  • Selalu berusaha menjadi lebih baik. Di bulan Ramadhan tentu saja setiap muslim harus menjauhi berbagai macam maksiat agar puasanya tidak sia-sia dan hanya mendapatkan lapar dan dahaga saja.  Oleh karena itu, puasa adalah usaha menjadi diri yang lebih baik terus menerus. Yakni dengan berusaha sekuat tenaga menjalankan perintah Allah dan menjauhi larangannya
  • Meningkatkan jiwa sosial. Ketika seseorang menjalankan puasa, ia akan merasakan lapar sebagaimana laparnya orang miskin. Puasa akan menyebabkan seseorang lebih menyayangi si miskin karena orang yang berpuasa pasti merasakan penderitaan lapar dalam sebagian waktunya. Akhirnya ia pun bersikap lemah lembut terhadap sesama dan berbuat baik kepada mereka. Dengan sebab inilah ia mendapatkan balasan melimpah dari sisi Allah. 

Dengan berpuasa juga dapat terbentuk karakter pribadi seseorang.  Hal ini dapat dilihat pada ulat yang setelah berpuasa berubah menjadi kupu-kupu, dan juga ular yang berpuasa namun tidak ada perubahan sebelum atau sesudah berpuasa, ia tetaplah menjadi seekor ular.  “Momen bulan Ramadhan ini hendaknya dapat merubah kita menjadi insan yang lebih baik, baik dalam perbuatan, perkataan, maupun pikiran kita”, demikian tutur Muhayah dalam uraian penutupnya.

Selain itu juga disampaikan SK Pembentukan Unit Pengelola Zakat (UPZ) Tahun 2019 dalam rangka melaksanakan fungsi “ubudiyyah”, khususnya dalam kegiatan zakat, infaq, shadaqoh dan jenis pemberian lainnya bagi Pejabat Hakim, Pejabat Struktural maupun Fungsional, dan pegawai Pengadilan Agama Jakarta Barat.  Pembentukan Unit ini dimaksudkan sebagai wadah atau media yang dapat mengkoordinir setiap kegiatan yang bertujuan untuk menjaga keseimbangan kepentingan duniawi dan spiritual agar dapat terlaksana dengan baik. 

Rangkaian kegiatan sholat berjamaah dan tausiah ditutup dengan tadarus.

Hubungi Kami

Pengadilan  Agama Jakarta Barat

Jl. Pesanggrahan Raya No. 32 Kel. Kembangan Selatan Kec. Kembangan Jakarta Barat

Telp    : (021) 58352092

Fax    : (021) 58352093

Web : www.pa-jakartabarat.go.id

Email: This email address is being protected from spambots. You need JavaScript enabled to view it.