logo

Pengadilan Agama memberikan kemudahan akses informasi jadwal sidang untuk para pihak yang sedang berperkara.

Melalui Sistem Informasi Penelusuran Perkara (SIPP), anda akan mengetahui tahapan, status dan riwayat perkara.

SIWAS adalah aplikasi pengaduan yang disediakan oleh Badan Pengawasan Mahkamah Agung Republik Indonesia.

Bantuan Panggilan dari Pengadilan Agama Lain Ke Pengadilan Agama Jakarta Barat.

Melalui Info Perkara ini anda akan mengetahui tahapan, status dan riwayat perkara.

Adalah layanan bagi Pengguna Terdaftar untuk Pendaftaran Perkara Secara Online.

Selamat Datang di Website Resmi Pengadilan Agama Jakarta Barat. Terima kasih Anda tidak memberikan sesuatu dalam bentuk apapun kepada petugas Kami.

APLIKASI - APLIKASI  PENDUKUNG

   

   

 

  1. Ditjen Badilag
  2. Pengumuman Mahkamah Agung RI
  3. Berita Mahkamah Agung RI
  4. Keputusan Mahkamah Agung RI
  5. Contoh Format Gugatan dan Permohonan

    Warning: Invalid argument supplied for foreach() in /home/k0921738/public_html/modules/mod_jw_srfr/tmpl/compact/default.php on line 25

    Warning: Invalid argument supplied for foreach() in /home/k0921738/public_html/modules/mod_jw_srfr/tmpl/compact/default.php on line 25

    Warning: Invalid argument supplied for foreach() in /home/k0921738/public_html/modules/mod_jw_srfr/tmpl/compact/default.php on line 25

    Warning: Invalid argument supplied for foreach() in /home/k0921738/public_html/modules/mod_jw_srfr/tmpl/compact/default.php on line 25
×

Message

Failed loading XML... XML declaration allowed only at the start of the document
Failed loading XML...

Senin, 24 Juni 2019 berlangsung serangkaian acara pelantikan dan pengambilan sumpah jabatan Wakil Ketua, Panitera Pengganti dan pelepasan CPP serta pegawai mutasi.  Tak lama setelah wakil ketua yang sebelumnya dilantik sebagai Ketua Pengadilan Agama Surabaya, pada hari ini kursi jabatan telah terisi dengan dilantiknya H. Hasanuddin, S.H., M.H. sebagai Ketua Pengadilan Agama Jakarta Barat berdasarkan Surat Keputusan Ketua Mahkamah Agung RI Nomor 74/KMA/SK/IV/2019 tentang Promosi dan Mutasi Ketua, Wakil Ketua, dan Hakim Pada Lingkungan Peradilan Agama, tertanggal 25 April 2019. 

Acara dimulai pada pukul 14.00 WIB dan dihadiri oleh sejumlah tamu undangan, diantaranya Ketua dan Panitera Pengadilan Tinggi Agama DKI Jakarta, Ketua Pengadilan Agama Sleman beserta rombongan, unsur Forum Komunikasi Pimpinan Daerah Kota Jakarta Barat, pejabat struktural dan fungsional, pegawai Pengadilan Agama Jakarta Barat serta tamu undangan lainnya.  Suasana penuh khidmat ini diawali dengan pembacaan doa dan dilanjutkan dengan rangkaian pelantikan dan pengambilan sumpah jabatan oleh Ketua Pengadilan Agama Jakarta Barat, Dra. Hj. Muhayah, S.H., M.H. serta foto bersama.

Dalam sambutan selaku pejabat yang dilantik, Hasanudin memohon doa restu dan dorongan semangat dari semua pihak dalam menjalankan tugas di PA. Jakarta Barat.  Selain itu juga mohon bimbingan serta arahan dari Ketua PTA. DKI Jakarta dan Ketua PA. Jakarta Barat serta bersedia menjalankan tugas dengan baik sesuai dengan Pakta Integritas yang telah dibacakan dalam rangkaian pelantikan.  Sebelum dilantik sebagai Wakil Ketua di Pengadilan Agama Jakarta Barat, pria kelahiran Jepara ini menjabat sebagai Wakil Ketua Pengadilan Agama Sleman dan pernah pula menjabat sebagai Ketua Pengadilan Agama Purbalingga.

Ucapan selamat disampaikan oleh Muhayah kepada Wakil yang baru dilantik, selain itu beliau juga menyampaikan bahwa pada prinsipnya pembacaan Pakta Integritas merupakan bagian yang tidak terpisahkan dalam rangkaian upacara pelantikan yang bertujuan untuk menjaga profesionalitas.  Sebagai bagian dari unsur pimpinan, maka sinergitas dan hubungan dalam pelaksanaan tugas tidak berbeda dengan Ketua Pengadilan.  “Selamat bergabung dengan keluarga besar Pengadilan Agama Jakarta Barat dengan semangat one team, one spirit, dan one goal dalam melaksanakan tugas sehari-hari”, tutur Muhayah mengakhiri sambutannya.

Setelah seluruh rangkaian pelantikan dan pengambilan sumpah jabatan berakhir, dilanjutkan dengan pelantikan Panitera Pengganti dan pelepasan Calon Panitera Pengganti yang akan pindah ke satker tujuan.  Pegawai yang dilantik hari ini adalah Yuspa, S.H. sebagai Panitera Pengganti Pengadilan Agama Jakarta Barat berdasarkan Surat Keputusan Direktur Jenderal Badan Peradilan Agama Nomor 2099 Tahun 2019 tertanggal 29 Mei 2019, yang sebelumnya bertugas sebagai Panitera Pengganti di Pengadilan Agama Jakarta Timur. 

Dalam sambutan dan sekaligus pembinaan singkatnya, Ketua Pengadilan Tinggi Agama DKI Jakarta, Drs. H. M. Yamin Awie, S.H., M.H. menyampaikan beberapa hal terkait proses dalam pelantikan.  Beliau juga menyampaikan dan mengingatkan beberapa hal terkait pelaksanaan eksekusi di beberapa Pengadilan Agama di wilayah luar DKI Jakarta yang tidak terlaksana dengan baik dan diperkirakan akan berakhir dengan pemberian hukuman sebagai hakim non palu.  Kejadian seperti ini diharapkan tidak terjadi di Pengadilan Agama Wilayah DKI Jakarta dan jika ada pengajuan permohonan eksekusi agar segera ditindaklanjuti sesuai dengan SOP yang ada. Tidak lupa beliau juga menyampaikan selamat kepada Panitera Pengganti yang baru dilantik, semoga dapat bekerjasama dengan seluruh rekan rekan-rekan dan semakin meningkatkan kinerja Pengadilan Agama Jakarta Barat.  Ucapan selamat juga ditujukan kepada Calon Panitera Pengganti yang akan segera dilantik di satker tujuan, semoga menjadi berkah bagi yang bersangkutan dan keluarganya serta dapat bekerja sesuai dengan peraturan yang ada.

Sebagai acara pamungkas pada hari ini, pelepasan Calon Panitera Pengganti berlangsung haru dan penuh canda tawa.  Pemutaran video dan kesan pesan dari beberapa ruangan semakin menyemarakkan suasana di ruang aula.  Acara berlangsung dengan lancar dan diakhiri foto bersama.  (Tim IT PAJB)

Hubungi Kami

Pengadilan  Agama Jakarta Barat

Jl. Pesanggrahan Raya No. 32 Kel. Kembangan Selatan Kec. Kembangan Jakarta Barat

Telp    : (021) 58352092

Fax    : (021) 58352093

Web : www.pa-jakartabarat.go.id

Email: This email address is being protected from spambots. You need JavaScript enabled to view it.