logo

Pengadilan Agama memberikan kemudahan akses informasi jadwal sidang untuk para pihak yang sedang berperkara.

Melalui Sistem Informasi Penelusuran Perkara (SIPP), anda akan mengetahui tahapan, status dan riwayat perkara.

SIWAS adalah aplikasi pengaduan yang disediakan oleh Badan Pengawasan Mahkamah Agung Republik Indonesia.

Bantuan Panggilan dari Pengadilan Agama Lain Ke Pengadilan Agama Jakarta Barat.

Melalui Info Perkara ini anda akan mengetahui tahapan, status dan riwayat perkara.

Adalah layanan bagi Pengguna Terdaftar untuk Pendaftaran Perkara Secara Online.

Selamat Datang di Website Resmi Pengadilan Agama Jakarta Barat. Terima kasih Anda tidak memberikan sesuatu dalam bentuk apapun kepada petugas Kami.

APLIKASI - APLIKASI  PENDUKUNG

   

   

 

  1. Ditjen Badilag
  2. Pengumuman Mahkamah Agung RI
  3. Berita Mahkamah Agung RI
  4. Keputusan Mahkamah Agung RI
  5. Contoh Format Gugatan dan Permohonan

    Warning: Invalid argument supplied for foreach() in /home/k0921738/public_html/modules/mod_jw_srfr/tmpl/compact/default.php on line 25

    Warning: Invalid argument supplied for foreach() in /home/k0921738/public_html/modules/mod_jw_srfr/tmpl/compact/default.php on line 25

    Warning: Invalid argument supplied for foreach() in /home/k0921738/public_html/modules/mod_jw_srfr/tmpl/compact/default.php on line 25

    Warning: Invalid argument supplied for foreach() in /home/k0921738/public_html/modules/mod_jw_srfr/tmpl/compact/default.php on line 25
×

Message

Failed loading XML... XML declaration allowed only at the start of the document
Failed loading XML...

Sosialisasi Eksternal Perma No. 1 Tahun 2019

Selasa, 10 September 2019 di aula Pengadilan Agama Jakarta Barat berlangsung Sosialisasi Perma No 1 Tahun 2019 tentang Administrasi Perkara dan Persidangan Secara Elektronik yang diikuti oleh beberapa instansi terkait, diantaranya Kepolisian, Kejaksaan, Pemkot Jakarta Barat, Depag Kota Jakarta Barat, serta beberapa LBH serta Advokat wilayah Jakarta Barat.

Sosialisasi tersebut berlangsung sebagai tindak lanjut dari Surat Keputusan Sekretaris Mahkamah Agung No 630/SEK/SK/VIII/2019 tentang Penunjukan Pengadilan Percontohan Pelaksanaan Uji Coba Administrasi Perkara dan Persidangan di Pengadilan Secara Elektronik, dimana Pengadilan Agama Jakarta Barat menjadi salah satu satker percontohan dalam uji coba tersebut.

Dalam sambutannya, Ketua Pengadilan Agama Jakarta Barat, Dra. Hj. Muhayah, S.H., M.H. menyampaikan terima kasih kepada para tamu undangan yang berkenan hadir terkait pelaksanaan Perma No 1 Tahun 2019 tersebut.  Beliau menghimbau kepada para advokat untuk menjadi pengguna terdaftar aktif dan non advokat, dalam hal ini dikategorikan sebagai pengguna lain untuk mulai aktif menggunakan e-Court.  Banyaknya manfaat atau keuntungan yang dapat diperoleh melalui e-Court tersebut diharapkan dapat menarik minat masyarakat untuk berperkara secara elektronik, tidak hanya sederhana, murah atau biaya ringan dan cepat, namun juga lebih flexible jika dilihat dari segi waktu dan tempat. 

Dr. H. Hasanudin, S.H., M.H. selaku Wakil Ketua Pengadilan Agama Jakarta Barat juga berpesan kepada para hadirin untuk meyakinkan masyarakat pencari keadilan terkait kewenangan absolut Pengadilan Agama yang dapat dilaksanakan melalui e-Court, dimana para pihak tidak selalu dihadirkan dalam pelaksanaan sidang, hanya di waktu-waktu tertentu saja sehingga lebih efisien dibandingkan persidangan secara manual.  Tidak lupa beliau juga menyampaikan perubahan klasifikasi perkara gugatan sederhana berdasarkan Perma No 4 Tahun 2019 serta dapat terlaksananya perkara ekonomi syariah melalui e-Court.

Materi sosialisasi disampaikan oleh Dr. Mustar, S.H., M.H. dilanjutkan dengan sesi tanya jawab.  Pemaparan terlaksana dengan lancar dan banyaknya pertanyaan yang diajukan oleh para peserta sosialisasi menunjukkan bahwa mereka sangat antusias menyambut program e-Court, terlebih telah dilengkapi dengan e-litigasi.  Kegiatan berjalan dengan lancar dan berakhir tepat pukul 15.50 WIB.    Tim IT PAJB.

Hubungi Kami

Pengadilan  Agama Jakarta Barat

Jl. Pesanggrahan Raya No. 32 Kel. Kembangan Selatan Kec. Kembangan Jakarta Barat

Telp    : (021) 58352092

Fax    : (021) 58352093

Web : www.pa-jakartabarat.go.id

Email: This email address is being protected from spambots. You need JavaScript enabled to view it.