logo

Pengadilan Agama memberikan kemudahan akses informasi jadwal sidang untuk para pihak yang sedang berperkara.

Melalui Sistem Informasi Penelusuran Perkara (SIPP), anda akan mengetahui tahapan, status dan riwayat perkara.

SIWAS adalah aplikasi pengaduan yang disediakan oleh Badan Pengawasan Mahkamah Agung Republik Indonesia.

 

Adalah layanan bagi Pengguna Terdaftar untuk Pendaftaran Perkara Secara Online.

"Inna lillahi wa inna ilaihi raji'un". Seluruh Hakim dan Pegawai Pengadilan Agama Jakarta Barat Turut Berduka Cita yang sedalam-dalamnya atas meninggalnya ayah dari saudari Rena Estetika, S.H. Jurusita PA.JB. Semoga Allah menempatkannya di tempat yang paling indah bersama orang-orang beriman, dan semoga keluarga yang ditinggalkan diberi kesabaran dalam menerima cobaan ini.

APLIKASI - APLIKASI  PENDUKUNG

       

       

 

PROFIL PENGADILAN AGAMA JAKARTA BARAT 2020

 

 

 

LAUCHING 6 APLIKASI DAN DUA INOVASI UNGGULAN PENGADILAN AGAMA JAKARTA BARAT

  1. PENGUMUMAN MARI
  2. BERITA MARI
  3. SK MARI
  4. PENGUMUMAN BADILAG
  5. CONTOH FORMAT

Rabu, 20 Mei 2020 di ruang aula Pengadilan Agama jakarta Barat berlangsung sosialisasi Prosedur Pelaksanaan Survey Kepuasan Masyarakat (SKM) dan Survey Hasil Pelaksanaan Reformasi Birokrasi (SHPRB) yang diikuti oleh seluruh Hakim, Pejabat, Staf dan PPNPN.  Bertindak sebagai narasumber dalam sosialisasi tersebut adalah Kepala BPS Kota Jakarta, Ibu Munawaroh, S.E., M.A.B. beserta staf.

Kegiatan dibuka oleh Drs. H. Mohamad Yamin, S.H., M.H. selaku Ketua Pengadilan Agama Jakarta Barat. Dalam sambutannya beliau berharap agar seluruh aparatur memahami arti penting pelaksanaan survey kepuasan masyarakat yang bermanfaat untuk melihat sejauh mana penilaian masyarakat pengguna terhadap kinerja yang telah diterima untuk selanjutnya bermanfaat bagi perbaikan pelayanan guna peningkatan kinerja Pengadilan Agama Jakarta Barat.

Dalam sosialisasi tersebut disampaikan bahwa saat ini pelaksanaan survey kepuasan masyarakat oleh unit penyelenggara pelayanan publik berpedoman pada Peraturan Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi Nomor 14 Tahun 2017.  Survey kepuasan masyarakat itu sendiri merupakan kegiatan pengukuran secara komprehensif tentang tingkat kepuasan masyarakat terhadap kualitas layanan yang diberikan oleh penyelenggara pelayanan publik.

Berdasarkan analisis Indeks Kepuasan Masyarakat yang didapatkan dari hasil penilaian kuesioner yang telah diisi oleh responden selanjutnya menjadi prioritas peningkatan kualitas pelayanan didasarkan pada hasil nilai unsur pelayanan, dimana unsur pelayanan yang nilainya rendah, tentunya akan menjadi prioritas utama dalam perbaikan pelayanan.

Materi kedua yang disampaikan dalam sosialisasi tersebut adalah tentang Survey Hasil Pelaksanaan Reformasi Birokrasi yang bertujuan untuk mengukur pelaksanaan kualitas pelayanan publik dan budaya anti korupsi pada kementerian/lembaga/OPD.  Survey tersebut dilaksanakan dengan berpedoman pada PermenPANRB Nomor 14 Tahun 2014 tentang Pedoman Evaluasi Reformasi Birokrasi Instansi Pemerintah.  Variabel kualitas pelayanan mengacu pada UU No. 25/2009, sedangkan variabel budaya anti korupsi mengacu pada UU No. 31/1999 jo UU No. 20 /2001 tentang pemberantasan tindak korupsi.  Pengolahan data pada SHPRB menghasilkan Indeks Pelayanan Publik (IPP) dan Indeks Persepsi Anti Korupsi (IPAK) yang masing-masing memberikan gambaran kualitas pelayanan publik dan perilaku anti korupsi di instansi pemerintah berdasarkan persepsi pengguna layanan.  IPP dapat dianggap sebagai upaya perubahan secara fisik, sementara IPAK sebagai upaya perubahan secara mental dari masing-masing instansi pemerintah. 

Sosialisasi berjalan lancar dengan adanya interaksi aktif antara audien dan penyaji melalui tanya jawab seputar materi tentang survey kepuasan masyarakat dan survey hasil pelaksanaan RB dan diakhiri dengan foto bersama.  (Tim IT PAJB)

Hubungi Kami

Pengadilan  Agama Jakarta Barat

Jl. Pesanggrahan Raya No. 32 Kel. Kembangan Selatan Kec. Kembangan Jakarta Barat

Telp    : (021) 58352092

Fax    : (021) 58352093

Web : www.pa-jakartabarat.go.id

Email: This email address is being protected from spambots. You need JavaScript enabled to view it.