logo

Pengadilan Agama memberikan kemudahan akses informasi jadwal sidang untuk para pihak yang sedang berperkara.

Melalui Sistem Informasi Penelusuran Perkara (SIPP), anda akan mengetahui tahapan, status dan riwayat perkara.

SIWAS adalah aplikasi pengaduan yang disediakan oleh Badan Pengawasan Mahkamah Agung Republik Indonesia.

 

Adalah layanan bagi Pengguna Terdaftar untuk Pendaftaran Perkara Secara Online.

"Inna lillahi wa inna ilaihi raji'un". Seluruh Hakim dan Pegawai Pengadilan Agama Jakarta Barat Turut Berduka Cita yang sedalam-dalamnya atas meninggalnya ayah dari saudari Rena Estetika, S.H. Jurusita PA.JB. Semoga Allah menempatkannya di tempat yang paling indah bersama orang-orang beriman, dan semoga keluarga yang ditinggalkan diberi kesabaran dalam menerima cobaan ini.

APLIKASI - APLIKASI  PENDUKUNG

       

       

 

PROFIL PENGADILAN AGAMA JAKARTA BARAT 2020

 

 

 

LAUCHING 6 APLIKASI DAN DUA INOVASI UNGGULAN PENGADILAN AGAMA JAKARTA BARAT

  1. PENGUMUMAN MARI
  2. BERITA MARI
  3. SK MARI
  4. PENGUMUMAN BADILAG
  5. CONTOH FORMAT

Jumat, 28 Agustus 2020, bertempat di aula kantor Pengadilan Agama Jakarta Barat, Direktur Jenderal Badan Peradilan Agama, Dr. Drs. H. Aco Nur, S.H., M.H. meluncurkan 6 aplikasi inovasi Pengadilan Agama Jakarta Barat.  Acara ini dihadiri oleh Wakil Walikota Jakarta Barat, Sekretaris Direktur Jenderal Badan Peradilan Agama, Ketua Pengadilan Tinggi Agama DKI Jakarta, Wakil Ketua PTA. DKI Jakarta, Hakim Tinggi Pengawas Daerah PTA. DKI Jakarta, para Ketua Pengadilan Agama seluruh DKI Jakarta, Ketua Pengadilan Negeri Jakarta Barat, Komandan Kodim Kota Jakarta Barat, Wakil Kapolres Kota Jakarta Barat, Wakil Kemenag, Wakil MUI, Kasubdit Mutasi Hakim Ditjen Badilag, Kepala SLB-A Pembina Tingkat Nasional, Kepala SLB 06 Jakarta Barat, dan tamu undangan lainnya. 

Sebelum acara peluncuran aplikasi inovas dimulai, Dr. Aco Nur menyempatkan diri untuk berkeliling di kantor Pengadilan Agama Jakarta Barat meninjau seluruh ruangan kantor mulai dari meja resepsionis, PTSP, meja pelayanan e-Court, ruang sidang utama, ruang kesehatan, hingga seluruh ruang pegawai termasuk ruang hakim.

Dalam sambutannya, Dr. Aco Nur menyampaikan bahwa dalam kurun waktu 2019 sampai 2020 Badan Peradilan Agama telah meluncurkan 18 aplikasi dan terobosan berbasis Teknologi informasi. Aplikasi-aplikasi tersebut dikembangkan untuk mendukung sistem pengadilan elektronik (e-Court) yang telah diluncurkan oleh Mahkamah Agung RI sejak tahun 2018 berdasarkan PERMA Nomor 3 Tahun 2018 yang kemudian disempurnakan dengan PERMA Nomor 1 Tahun 2019 tentang Administrasi Perkara dan Persidangan di Pengadilan Secara Elektronik.  Pada tahun 2019 Ditjen Badilag meluncurkan 9 aplikasi yaitu : Aplikasi Notifikasi Perkara, Aplikasi Info Produk Pengadilan, Aplikasi Antrean Sidang, Aplikasi Basis Data Kemiskinan, e-Register Perkara, e-Keuangan Perkara, Aplikasi PNBP, Aplikasi e-Eksaminasi, Command Center Badilag.  Sedangkan pada tahun 2020 Ditjen Badilag meluncurkan aplikasi dan terobosan berupa : Aplikasi Validasi Akta Cerai, Aplikasi Gugatan Mandiri, Aplikasi CCTV Online (A.C.O.), Aplikasi VISION (Virtualisasi Surat Ijin Online), Aplikasi PTSP Online, Aplikasi Bank Data, Badilag Call Center, Sidak Online, dan Pelaksanaan Fit & Proper Test Calon Pimpinan Pengadilan secara Virtual.  Seluruh aplikasi dan terobosan yang telah dikembangkan oleh Badilag tersebut bertujuan memudahkan para pencari keadilan dalam beracara di pengadilan, dan juga bertujuan memudahkan koordinasi antara Badilag dengan peradilan agama dibawahnya, serta dalam rangka memudahkan proses evaluasi dan monitoring kinerja aparatur PTA dan PA di seluruh Indonesia yang pada akhirnya bertujuan memberikan pelayanan prima bagi para pencari keadilan dan meningkatnya Indeks Kepuasan Masyarakat terhadap pelayanan yang telah diperoleh selama beracara di pengadilan.  Beberapa aplikasi dan terobosan yang dikembangkan dan diluncurkan pada masa Covid-19 dapat dioptimalkan untuk mengatasi permasalahan penyebaran Covid-19 dimana dapat mengurangi pertemuan langsung (berkerumun) dan penerapan social distancing.

Pengadilan Agama Jakarta Barat, sebagai satuan kerja yang berada di bawah naungan Direktorat Jenderal Badan Peradilan Agama berupaya merespon dengan cepat seluruh kebijakan maupun himbauan Direktur Jenderal Badan Peradilan Agama dengan membangun dan meluncurkan 6 aplikasi inovasi yaitu : Aplikasi Drive-Thru, Aplikasi SIMEKAR, Aplikasi SI-ABSARI, Aplikasi SEMBARA, e-KeMas, dan Aplikasi SMART.  Selain itu juga telah disediakan sarana dan prasarana berupa guiding block dan buku alur berperkara secara Braille Alphabet bagi penyandang tuna netra serta penataan ulang Media Center agar lebih nyaman dan representative guna mengakomodir penyebarluasan dan penampungan informasi publik yang mendukung pelaksanaan tugas pokok dan fungsi peradilan.  Aplikasi-aplikasi yang telah diluncurkan hari ini merupakan aplikasi yang berperan sebagai perpanjangan dan pengembangan fungsi dari aplikasi-aplikasi yang telah diluncurkan oleh Badan Peradilan Agama sebelumnya sehingga dapat sesuai dengan kebutuhan masing-masing pengadilan.  Tujuan dari peluncuran aplikasi tersebut sejalan dengan tujuan pembangunan aplikasi oleh Badan Peradilan Agama.

 

“Pada hari ini, saya menyambut baik dan memberikan apresiasi kepada Pengadilan Agama Jakarta Barat sebagai salah satu ujung tombak pelayanan terhadap para pencari keadilan telah berupaya memberikan kemudahan bagi masyarakat pencari keadilan sebagai implementasi dari program Mahkamah Agung RI dan Direktorat Jenderal Badan Peradilan Agama dengan meluncurkan 6 aplikasi inovasi bagi para pencari keadilan dan juga sarana prasarana bagi masyarakat yang berkebutuhan khusus serta penyempurnaan Ruang Media Center”, tutur Dr. Aco.  Beliau juga berharap dengan diluncurkannya aplikasi inovasi dan peningkatan layanan hari ini dapat membawa kemajuan bagi Pengadilan Agama Jakarta Barat dalam memberikan pelayanan secara optimal dan mampu memberikan kepuasan bagi seluruh pencari keadilan.

Acara berlangsung dengan lancar dan berakhir sebelum pelaksanaan sholat Jumat.  (Tim IT PAJB).

Hubungi Kami

Pengadilan  Agama Jakarta Barat

Jl. Pesanggrahan Raya No. 32 Kel. Kembangan Selatan Kec. Kembangan Jakarta Barat

Telp    : (021) 58352092

Fax    : (021) 58352093

Web : www.pa-jakartabarat.go.id

Email: This email address is being protected from spambots. You need JavaScript enabled to view it.