logo

Upacara Pengukuhan Yang Mulia Prof. Dr. H. M. Syarifuddin, S.H, M.H | 11/2 | 2021

Hits: 32

Upacara Pengukuhan Yang Mulia Prof. Dr. H. M. Syarifuddin, S.H, M.H.

Kamis, 11 Februari 2021. Keluarga Besar Pengadilan Agama Jakarta Barat Kelas I A Khusus ikut menyaksikan melalui kanal Youtube Mahkamah Agung, Prosesi Upacara Pengukuhan Profesor Ketua Mahkamah Agung RI, Prof. Dr. Muhammad Syarifuddin, S.H., M.H., sebagai Guru Besar Tidak Tetap dalam Bidang Ilmu Hukum Pidana Universitas Diponegoro, Semarang.

Kami mengucapkan Selamat atas Pengukuhan Profesor, Ketua Mahkamah Agung RI, Prof. Dr. Muhammad Syarifuddin, S.H., M.H., kiranya dapat membawa Marwah dan Wibawa Mahkamah Agung Republik Indonesia sebagai Lembaga Yudikatif yang semakin bermartabat di Negara Kesatuan Republik Indonesia dan bagi Negara-negara lainnya.

 

Adapun orasi ilmiah yang disampaikan berjudul: “Pembaruan Sistem Pemidanaan Dalam Praktik Peradilan Modern: Pendekatan Heuristika Hukum”. Bahwa Hakim, Hukum dan Keadilan digambarkan sebagai Tritunggal yang tidak dapat dipisahkan. Peran penting Hakim adalah menyeleraskan hukum dan keadilan tersebut. Menafsirkan aturan, membentuk norma baru, mendorong gerak pembaruan hukum adalah represtasi proses kreatif dalam menerima dan memutus perkara. Sedangkan menjatuhkan pidana merupakan kulminasi dari pergulatan nurani dan kerja kreatif hakim untuk menegakkan hukum dan keadilan. Pengalaman membentuk pemahaman bahwa penegakan hukum sejatinya adalah seni yang memerlukan perlakuan khusus dari aktor pelaksananya yaitu hakim. Dan dalam hal ini pendekatan yang dilakukan adalah pendekatan heuristika hukum.

Selamat, Prof....