Selamat Datang Di Website Resmi Pengadilan Agama Jakarta Barat... Selamat Datang Di Website Resmi Pengadilan Agama Jakarta Barat... Selamat Datang Di Website Resmi Pengadilan Agama Jakarta Barat... Selamat Datang Di Website Resmi Pengadilan Agama Jakarta Barat... Selamat Datang Di Website Resmi Pengadilan Agama Jakarta Barat... Selamat Datang Di Website Resmi Pengadilan Agama Jakarta Barat... Selamat Datang Di Website Resmi Pengadilan Agama Jakarta Barat... Selamat Datang Di Website Resmi Pengadilan Agama Jakarta Barat...
Pimpinan
Pendapat Anda
Apa Yang Anda Ingin ?


Agenda Pimpinan
Kamis, 8 November 2017
Seminar Kurikulum dan Bahan Ajar (E-Learning) Bidang Administrasi Perkara Peradilan Agama a.n. Drs. H. Rusman Mallapi, S.H., M.H. dari tanggal 8 s.d 10 November 2017 di Hotel Salak The Heritage, Bogor - Jawa Barat
Kamis, 8 November 2017
Pelatihan Pemantapan KEPPH Angkatan X bagi Hakim dengan Masa Kerja 8 s.d 15 Tahun a.n Dr. H. Amam Fakhrur, S.H., M.H. dari tanggal 13 s.d 17 November 2017 di Badan Litbang Diklat Kumdil Mahkamah Agung RI
Kamis, 7 November 2017
Pengambilan Sumpah Jabatan dan Pelantikan 5 (Lima) Orang Hakim Agung di Gedung Mahkamah Agung RI
Kamis, 24 Mei 2017
PENGADILAN AGAMA JAKARTA BARAT Jl. Pesanggrahan Raya No.32 Kembangan Selatan, Jakarta Barat 11610 Telp. 021-58352092 Fax. 021-58352093 Website : www.pa-jakartabarat.go.id Email : info@pa-jakartabarat.go.id S U R A T T U G A S Nomor : W9-A2/1741/KP.06/5/2017 Sehubungan dengan Undangan Sekretaris Mahkamah Agung, maka dengan ini kami menugaskan kepada : Nama : Dr. H. AMAM FAKHRUR, S.H., M.H. NIP. : 19670716.199303.1.009 Pangkat/Gol.Ruang : Pembina Utama Muda – (IV/c) Jabatan : Wakil Ketua Untuk menghadiri acara Mohon Diri dalam rangka Purnabhakti Yang Mulia H. Suwardi,S.H., M.H. yang dilaksanakan pada : Hari/Tanggal : Rabu, 24 Mei 2017 Pukul : 09.30 WIB s.d Selesai Tempat : Balairung Mahkamah Agung RI Jl. Medan Merdeka Utara No.9-13, Jakarta Pusat Demikian surat tugas ini dibuat, agar dapat dilaksanakan dengan sebaik-baiknya serta penuh tanggung jawab. Jakarta, 23 Mei 2017 K e t u a, Drs. H. RUSMAN MALLAPI, S.H., M.H. NIP.19590419.198803.1.001
Kamis, 19 Mei 2017
Rapat Sosialisasi Kementerian Koperasi dan UKM RI

Agenda Kantor
Kamis, 23 September 2016
Pelantikan Hakim Pengadilan Agama Jakarta Barat Klas 1A
Kamis, 29 Juni 2016
Buka puasa bersama seluruh karyawan Pengadilan Agama Jakarta Barat

Reformasi Birokrasi Mahkamah Agung
Artikel
TAHAPAN PENANGANAN PERKARA

TAHAPAN PENANGANAN PERKARA

  1. Upaya Perdamaian, dalam perkara perdata pada umumnya setiap permulaan sidang, sebelum pemeriksaan perkara, hakim diwajibkan mengusahakan perdamaian antara para pihak berperkara dan jika tidak damai dilanjutkan dengan mediasi. Dalam mediasi ini para pihak boleh menggunakan hakim mediator yang tersedia di Pengadilan Agama tanpa dipungut biaya, kecuali para pihak menggunakan mediator dari luar yang sudah punya sertikat, maka biayanya seluruhnya ditanggung kedua belah pihak berdasarkan kesepakatan mereka. Apabila terjadi damai, maka dibuatkan akta perdamaian ( Acta Van Verglijk). Akta Perdamaian ini mempunyai kekuatan hukum yang sama dengan putusan hakim, dan dapat dieksekusi, tetapi tidak dapat dimintakan banding, kasasi dan peninjauan kembali.;
  2. Pembacaan Surat Gugatan Penggutan, Surat Gugatan Penggugat yang diajukan ke Pengadilan Agama itu dibacakan oleh Penggugat sendiri atau salah seorang majelis hakim, dan sebelum diberikan kesempatan oleh mejelis hakim kepada tergugat memberikan tanggapan/jawabannya, pihak penggugat punya hak untuk mengubah, mencabut atau mempertahankan isi surat gugatannya tersebut. Abala Penggugat menyatakan tetap tidak ada perubahan dan tambahan dalam gugatannya itu kemudian persidangan dilanjutkan ketahap berikutnya.
  3. Jawaban Tergugat, setelah gugatan dibacakan, kemudian Tergugat diberi kesempatan mengajukan jawabannya, baik ketika sidang hari itu juga atau sidang berikutnya. Jawaban tergugat dapat dilakukan secara tertulis atau lisan.
  4. Replik Penggugat, setelah Tergugat menyampaikan jawabannya, kemudian si penggugat diberi kesempatan untuk menanggapinya sesuai dengan pendapat penggugat. pada tahap ini mungkin penggugat tetap mempertahankan gugatannya atau bisa pula merubah sikap dengan membenarkan jawaban/bantahan tergugat.
  5. Duplik Tergugat, setelah penggugat menyampaikan repliknya, kemudian tergugat diberi kesempatan untuk menanggapinya/menyampaikan dupliknya. Dalam tahap ini dapat diulang-ulangi sampai ada titik temu antara penggugat dengan tergugat. Apabila acara jawab menjawab dianggap cukup oleh hakim, dan masih ada hal-hal yang tidak disepakati oleh kedua belah pihak, maka hal ini dilanjutkan dengan acara pembuktian.
  6. Pembuktian, penggugat dan tergugat diberi kesempatan yang sama untuk mengajukan bukti-bukti, baik berupa bukti surat maupun saksi-saksi secara bergantian yang diatur oleh hakim.
  7. Kesimpulan Para Pihak, penggugat dan tergugat diberi kesempatan yang sama untuk mengajukan pendapat akhir yang merupakan kesimpulan hasil pemeriksaan selama sidang berlangsung menurut pandangan masing-masing. Kesimpulan yang disampaikan ini dapat berupa tulisan maupun lisan.
  8. Musyawarah Majelis Hakim, rapat permusyawaratan Majelis Hakim bersifat rahasia. Dalam rapat permusyawaratan majelis hakim , semua hakim menyampaikan pertimbangannya atau pendapatnya baik secara lisan maupun tertulis. Jika terdapat perbedaan pendapat, maka diambil suara terbanyak, dan pendapat yang berbeda tersebut dapat dimuat dalam putusan (dissenting opinion).
  9. Putusan Hakim, Setelah selesai musyawarah majelis hakim, sesuai dengan jadwal sidang, pada tahap ini dibacakan putusan majelis hakim. Setelah dibacakan putusan tersebut, penggugat dan tergugat berhak mengajukan upaya hukum banding dalam tenggang waktu 14 hari setelah putusan diucapkan. Apabila penggugat/ tergugat tidak hadir saat dibacakan putusan, maka Juru Sita Pengadilan Agama akan menyampaikan isi/amar putusan itu kepada pihak yang tidak hadir, dan putusan baru berkekuatan hukum tetap setelah 14 hari amar putusan diterima oleh pihak yang tidak hadir itu.
Dibuat Oleh Widya Fausiah, SE, MH. Tanggal: Kamis, 17 Juni 2016