logo

Duka cita gratifikasi siwas maklumat pelayanan Banner_11_Aplikasi ecourt sipp

Duka cita

gratifikasi

siwas

maklumat pelayanan

Banner_11_Aplikasi

ecourt

Selanjutnya

Berita Seputar Peradilan

Assessment Surveillance Akreditasi Penjaminan Mutu Pengadilan Agama Jakarta Barat

Written by Administrator.

Written by Administrator. Hits: 854

Kamis, 22 Nopember 2018 bertempat di Ruang Aula Pengadilan Agama Jakarta Barat dilaksanakan Opening Meeting Surveillance Tim Akreditasi Penjaminan Mutu pada Pengadilan Agama Jakarta Barat. Tim tersebut terdiri dari 1 orang Lead Assessor dan 2 orang Assessor, yaitu : Rizal Mutaqin, S.E., M.M. selaku Lead Assessor; Abdullah, S.H., M.H. dan Abdul Haris Rangkuty, S.E., M.M selaku assessor.

Dalam sambutannya, Dra. Hj. Muhayah, S.H., M.H. selaku ketua pengadilan Agama Jakarta Barat menyampaikan ucapan selamat datang dan terima kasih kepada Tim Surveillance yang berkenan hadir. Kehadiran Tim yang telah ditunjuk oleh Direktur Jenderal Badan Peradilan Agama tersebut diharapkan dapat memberikan arahan dan nilai positif serta konstruktif bagi perkembangan Pengadilan Agama Jakarta Barat dimasa yang akan datang. Arahan dan nilai tersebut semoga dapat memberikan nilai tambah dan pressure semangat bagi semua unsur aparat untuk meningkatkan profesionalitas dan kinerja sehingga dapat meningkat pula kepercayaan masyarakat pencari keadilan kepada Pengadilan Agama Jakarta Barat. “Selama ini seluruh unsur telah bekerja secara maksimal, namun belum tentu final karenanya masih membutuhkan arahan dan petunjuk guna perbaikan sesuai rekomendasi dari Tim Assessor Eksternal”, ujar Muhayah.

Dr. H. Amam Fakhrur, S.H., M.H. selaku Ketua Tim Akreditasi Penjaminan Mutu Pengadilan Agama Jakarta Barat juga menyampaikan bahwa selama ini Tim APM Internal telah memanage dan memberikan support kepada seluruh unsur Pengadilan Agama Jakarta Barat untuk bekerja sesuai dengan Standar Operasional Prosedur dalam menjalankan fungsi dan tugas sesuai Tupoksi.

Tim Assessor mendapatkan tugas dari Direktur Jenderal Badan Peradilan Agama untuk melakukan pengawasan dan memantau konsistensi pelaksanaan Assesment Recommendation setelah pada tahun 2016 Pengadilan Agama Jakarta Barat mendapatkan nilai A Excellent. “Penilaian APM saat ini menggunakan pedoman baru yang sama dengan Peradilan Umum, Peradilan Tata Usaha Negara, dan Peradilan Militer, sehingga sekaligus dapat menjadi langkah awal dalam rangka persiapan penilaian gabungan antara 4 Badan Peradilan di masa mendatang”, kata Rizal. Penilaian dilakukan secara telusur dokumen melalui wawancara, pemeriksaan bukti pendukung dan uji petik, imbuhnya. Dalam kesempatan ini, Rizal juga menyampaikan bahwa sebelum penilaian berlangsung, Tim Assessor telah meninjau sarana dan prasarana yang tersedia di Pengadilan Agama Jakarta Barat dan merasa terpesona dengan keadaan sarana prasarana tersebut, yang kemudian disambut riuhan dan tepuk tangan dari para hadirin yang ada di ruang aula.

Assessment yang dijadwalkan selama 2 hari kerja, yaitu Kamis dan Jumat, 22 dan 23 Nopember 2018 berlangsung dengan baik dan lancar. Tim telah melakukan penilaian secara keseluruhan sesuai pedoman yang telah ditentukan oleh Dirjen Badilag. Selanjutnya, hasil penilaian akan diserahkan kepada Komite Akreditasi Penjaminan Mutu sebagai dasar untuk memberikan penilaian akhir. Dalam Closing Meeting pada hari Jumat, 23 Nopember 2018, Lead Assessor menyampaikan terima kasih atas bantuan yang telah diberikan dalam menyelesaikan penilaian sehingga dapat terlaksana dengan baik. Acara ditutup dengan penyerahan hasil pengawasan dan rekomendasi perbaikan oleh Lead Assessor kepada Ketua Pengadilan Agama Jakarta Barat. (Wn)

Hubungi Kami

Pengadilan Agama Jakarta Barat

Jl. Pesanggrahan Raya No. 32, Kel. Kembangan Selatan, Kec. Kembangan, Jakarta Barat

Telp: 021-58352092

Fax: 021-58352093

Website : www.pa-jakartabarat.go.id

E-mailThis email address is being protected from spambots. You need JavaScript enabled to view it.

Facebook : pengadilanagama.jakbar

Youtube : Pengadilan Agama Jakarta Barat