logo

Duka cita gratifikasi siwas maklumat pelayanan Banner_11_Aplikasi ecourt sipp

Duka cita

gratifikasi

siwas

maklumat pelayanan

Banner_11_Aplikasi

ecourt

Selanjutnya

Berita Seputar Peradilan

Pelaksanaan Sidang Teleconference Di tengah Pandemi Covid-19 PA Jakarta Barat || 08/06/2021

Written by Agung Siswopranoto, S.Kom.

Written by Agung Siswopranoto, S.Kom. Hits: 32

PELAKSANAAN SIDANG TELECONFERENCE DI TENGAH PANDEMI COVID-19 PA JAKARTA BARAT

 

Selasa, 8 Juni 2021

Pandemi Covid-19 belum merada diberbagai daerah, kondisi ini sangat berdampak hampir disemua sektor, termasuk terhadap proses penyelesaian perkara di Pengadilan. Pengadilan Agama Medan melakukan sidang jarak jauh atau teleconference dalam perkara penetapan ahli waris dengan menghadirkan Saksi dari Pemohon di ruang sidang utama PA Jakarta Barat, karena Saudara Saksi bertempat tinggal di wilayah hukum PA Jakarta Barat. Melalui teknologi informasi yang sangat maju sekarang ini, sehingga persidangan pun dapat dilaksanakan secara jarak jauh tentu sebelumnya harus mendapatkan persetujuan dari Majelis Hakim yang menangani perkara tersebut.

tele 2

Pengadilan Agama Jakarta Barat memfasilitasi delegasi pemeriksaan saksi melalui teleconference dengan Pengadilan Agama Medan dalam perkara Penetapan Ahli Waris nomor 110/Pdt.P/2021/PA.Mdn. Hakim dari Pengadilan Agama Medan melakukan siaran langsung dari ruang persidangan Pengadilan Agama Medan beserta pihak dan diikuti dengan saksi yang didampingi dengan pengawas pemeriksaan saksi di Pengadilan Agama Jakarta Barat melalui teleconference. Saksi yang akan diperiksa dalam perkara tersebut tetap dihadirkan di Pengadilan Agama Jakarta Barat untuk menghindari gangguan teknis seperti koneksi jaringan serta perangkat yang tidak memadai jika saksi melakukan siaran langsung dan memberikan kesaksian dari rumah. 

tele 3

Dalam acara persidangan tersebut Pengadilan Agama Jakarta Barat menyiapkan ruangan untuk melangsungkan persidangan secara teleconference. Berbagai perlengkapan siap seperti perangkat audio, webcam, layar proyektor untuk mendukung jalannya persidangan. Selain menekan biaya dan waktu untuk menghadirkan saksi ke persidangan dimana saksi berada di kota Jakarta Barat dan persidangan diadakan di Medan. Pemeriksaan Saksi melalu teleconference ini juga merupakan upaya untuk menekan angka penyebaran Covid-19. “Semua kendala tersebut bukan sebuah alasan untuk mengabaikan hak pencari keadilan dalam pemeriksaan dan putusan. Sidang Teleconference merupakan sebuah solusi penyelesaian” ujar Panitera Pengadilan Agama Surabaya Abdus Syakur Widodo S.H., M.H. yang juga menjadi pengawas yang mendampingi para saksi pada pemeriksaan perkara tersebut.

(TIM IT PAJB)

Hubungi Kami

Pengadilan Agama Jakarta Barat

Jl. Pesanggrahan Raya No. 32, Kel. Kembangan Selatan, Kec. Kembangan, Jakarta Barat

Telp: 021-58352092

Fax: 021-58352093

Website : www.pa-jakartabarat.go.id

E-mailThis email address is being protected from spambots. You need JavaScript enabled to view it.

Facebook : pengadilanagama.jakbar

Youtube : Pengadilan Agama Jakarta Barat